YOGYAKARTA – Ratusan umat Hindu di Yogyakarta menggelar upacara Melasti tahun baru caka 1937 di Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Senin (22/2/2016).

Upacara Melasti merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi yang bertujuan untuk mensucikan diri sebelum melaksanakan Nyepi pada 9 Maret mendatang.

Diawali arak-arakan gunungan, uba rampe (sesembahan) dan pura mini yang disebut pratima, dari parkiran Pantai Ngobaran menuju ke tempat upacara yang berada di tepi pantai, dengan diiringi kidung suci. Rombongan pembawa gunungan, sesembahan dan pratima ini dipimpin oleh seorang wasi.

Sesampai di tempat upacara yang berada di tepi Pantai Ngobaran, seluruh gunungan, pratima dan sesembahan langsung ditempatkan di Paseban Segoro Ukir. Beberapa wasi memanjatkan doa dan seluruh sesaji kemudian dilepas ke laut.

Menurut Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Gunungkidul, Purwanto, melasti merupakan kegiatan untuk menghilangkan kotoran alam sebelum melaksanakan Nyepi. “Melasti upacara untuk menyucikan diri,” ujar dia.

Sementara, Binmas Hindu Kementrian Agama DI Yogyakarta, Ida Bagus Wika Krisna mengatakan, melasti juga dapat diartikan sebagai upaya untuk membersihkan kotoran alam semesta.

“Melasti untuk menyucikan diri dan juga kekotoran alam semesta,” ujar dia.

http://news.okezone.com/read/2016/02/22/510/1318640/umat-hindu-yogyakarta-gelar-melasti

Share.