sumsel
Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin setujui Utsawa Dharma Gita Nasional ke XIII dilaksanakan di Palembang pada tahun 2017 mendatang. Hal itu disampaikannya ketika menerima audiensi Dirjen Bimas Hindu beserta rombongan pada hari Kamis, 7 April 2016 di Gria Agung Palembang. Dirjen Bimas Hindu, Prof. I Ketut Widnya dalam audiensinya didampingi oleh Kakanwil Kemenag Sumatera Selatan, H. Hambali, PHDI Sumatera Selatan dan Direktur Urusan Agama Hindu, Drs. I Wayan Budha serta Pembimas Hindu Sumatera Selatan Gde Riasa Astawa.
Gubernur Alex Noerdin juga menyambut gembira even Utsawa yang akan dilaksanakan di Palembang tersebut, karena itu pihaknya akan mendukung sepenuhnya lomba baca kitab suci Weda terbesar di Indonesia ini. “Jadi kalau untuk transportasi Sumsel siap bantu,” kata Alex Nurdin
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI, Prof Drs I Ketut Widnya menjelaskan bahwa ada tiga alasan Utsawa dilaksanakan di Provinsi Sumsel.
sumsel2
Foto : Suasana Audensi bersama Gubernur Sumsel, DIrjen BIMAS Hindu didampingi Pembimas Hindu Sumsel dan PHDI Sumsel.
Kami pilih Sumatera Selatan untuk menjadi tuan rumah lomba membaca kitab suci Weda di tingkat Nasional tahun 2017 bahwa pertama di sini sudah memiliki fasilitas lengkap seperti di Jakabaring, kedua tempatnya aman dan yang ketiga masyarakat di Sumsel baik,” kata I Ketut Widnya.
I Ketut Widnya mengatakan, kegiatan yang biasa digelar setiap tiga tahun ini merupakan yang ke-14 kalinya diadakan. Kegiatan yang berlangsung tiap 3 tahun sekali ini pada penyelenggaraan sebelum sebelumnya pernah dilaksanakan di Jakarta, Denpasar, Palangka Raya, Solo, Lampung, Kendari dan lain sebagainya Bahkan pada penyelenggaraan di Bali, kegiatan UDG dibuka oleh Presiden SBY.
12938301_1756841457881976_8752600683488961453_n
Selanjutnya Dirjen Bimas Hindu Ketut Widnya mengatakan bahwa untuk perlombaan ini nanti akan diikuti oleh peserta lomba se- Indonesia yang jumlahnya lebih kurang 3.000 peserta, kegiatan ini berlangsung selama enam hari antara bulan Juni atau Juli tahun 2017. selain membaca kitab suci ada juga pameran seni dan lainya.
“Jadi kami sangat berterima kasih sekali atas respon positif Pemprov Sumsel. Gubernur Sumsel sudah menyepakati dan mendukung penuh Utsawa Dharma Gita Nasional 2017 mendatang dan harapan kami tentu kegiatan bisa berlangsung dengan baik serta dengan adanya perlombaan membaca kitab suci Weda ini agar para umat Hindu Indonesia khususnya yang ada di Sumatera Selatan ini bisa lebih memahami ajaran Hindu serta meningkatkan pemahaman yang besar dalam kitab suci agama Hindu.” jelasnya.
Sebagai informasi jumlah umat Hindu di provinsi Sumatera Selatan berjumlah sekitar 40 ribu jiwa (Sensus Penduduk 2010). Pembimas Hindu Sumsel, Kt. Gde Riasa menambahkan dengan dukungan Pemprov Sumsel dan umat Hindu di Sumsel yang begitu antusias menyambut even terbesar umat Hindu se-Indonesia ini pihaknya yakin kegiatan tersebut akan berlangsung dengan sukses.
Sumber : http://kicauandharma.blogspot.co.id/2016/04/gubernur-sumsel-setujui-utsawa-dharma-gita-2017-palembang.html
Share.