Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan membangun tempat beribadah bagi umat Hindu berupa pura di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Karang Anyar Palembang.

“Pembangunan tempat beribadah tersebut menggunakan dana dari luar negeri,” kata Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Palembang, Minggu (27/9).

“Pihaknya berupaya pendanaannya dari organisasi dunia UNESCO. Sehubungan dengan hal itu perlu dukungan bersama,” lanjutnya.

Dibangunnya pura tersebut, menurut dia, agar umat Hindu yang ada di Sumsel dapat melaksanakan ibadah terpusat di TPKS. Selain itu juga guna mendukung agar kelestarian hubungan antarumat beragama semakin terjalin di Sumsel.

Meskipun, sampai saat ini di Sumsel belum pernah ada permasalahan antarumat beragama dan hubungan umat tetap harmonis.

“Jadi, itulah yang menjadi upaya pihaknya agar tempat ibadah bagi semua umat agama di Sumsel tersedia lengkap dengan fasilitasnya,” ujarnya.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan, pihaknya berencana membangun pura di wilayah setempat.

Mengenai lokasi pembangunan pura secara detailnya belum ditentukan, namun yang jelas akan dibangun di kawasan TPKS.

Pembangunan pura di kawasan TPKS tersebut sudah dikoordinasikan dengan persatuan atau perkumpulan umat Hindu yang ada di Provinsi Sumsel.

Dengan dibangunnya pura itu menunjukkan kerukunan umat beragama di Sumsel berjalan dengan baik bahkan sejak zaman dahulu atau sejak Kerajaan Sriwijaya, kata dia.

Saat ini pembangunan pura itu masih dalam tahap penentuan lokasi, DED dan desain bangunan.

http://www.beritasatu.com/nasional/310016-pemprov-sumsel-akan-bangun-pura-umat-hindu.html

Share.