ww

JEDDAH, PHDISUMSEL.OR.ID – Kepala Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Jeddah, Gunawan mengatakan Bali merupakan primadona tujuan wisata di Tanah Air yang telah diakui secara internasional. Menurut dia, wisatawan dari berbagai belahan dunia pun telah menjadikan Bali sebagai salah satu destinasi wisata mereka.

“Di negera Islam, Jeddah, Arab Saudi, ITPC Jeddah mempromosikan budaya Bali dengan cara lebih Islami. Gelaran ini dibungkus dalam acara bertajuk “Bali Night Event,” kata Gunawan dalam keterangan tertulis, hari Jumat (29/4).

Acara unik ini dilaksanakan lebih dari sepekan, mulai akhir April hingga 7 Mei 2016 di Park Hyatt Hotel, Jeddah Marina, Club and Spa, di Jeddah, Arab Saudi. Budaya Bali dikemas menjadi lebih Islami dengan perpaduan simbol budaya Bali dan Timur Tengah yang Islami. Acara yang dibuka selepas Isya hingga tengah malam ini menyuguhkan alunan musik khas Bali yang mengiringi siswa Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) yang menarikan tari Pendet dengan pakaian lebih tertutup.

Ruangan dihias kain hitam putih khas Bali sehingga tampak khas Bali. Selain tampilan budaya, juga didemonstrasikan cara memasak dan menyajikan makanan khas Bali oleh chef yang didatangkan langsung dari Bali. “Upaya ini dilakukan untuk terus meningkatkan awareness masyarakat Arab Saudi terhadap Indonesia,” katanya.

index

Menurut Gunawan, Bali Night Event ini bertujuan untuk mempromosikan tempat-tempat wisata yang terkenal di Indonesia, juga produk-produk kecantikan, baju tradisional, makanan dan minuman, kopi dan teh, dan produk-produk berkualitas lainnya dari Indonesia.

“Promosi Indonesia ini akan dilakukan secara berkelanjutan dan bertahap,” dia menambahkan.

Menurut Gunawan, sebagian besar undangan yang hadir pada acara ini merupakan mitra dari ITPC Jeddah yang terdiri dari pengusaha-pengusaha Arab Saudi. Selama ini mereka sangat antusias berdiskusi di kantor ITPC Jeddah untuk menanyakan jenis produk dan jasa yang dimiliki Indonesia yang berpotensi untuk diekspor ke Arab Saudi.

“Saya optimis, promosi ini akan sangat efektif untuk memperkenalkan Indonesia lebih jauh lagi kepada masyarakat dan dunia usaha di Arab Saudi,” tegas Gunawan.

Bali Night Event dibuka langsung oleh perwakilan KJRI Jeddah. Acara ini terselenggara atas kerja sama antara ITPC Jeddah dengan Pelaksana Fungsi Ekonomi (PFE) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Park Hyatt Hotel – Jeddah Marina, Club and Spa, serta Batavia Restaurant. Batavia Restaurant merupakan sebuah restoran yang menyajikan masakan 100 persen Indonesia yang berada di Jeddah.

Peluang ini juga ditangkap oleh Direktur Keuangan Hotel Park Hyatt, Nur Iman. “Ke depan, tempat Spa yang berada di kawasan Park Hyatt Hotel nantinya bisa menggunakan produk–produk Indonesia,” katanya.

Share.